October 04, 2016

Dua Cara Memperkecil Ukuran File PDF

Ada dua cara untuk memperkecil ukuran file pdf yaitu menggunakan software pdf compressor dan kompres secara online. Keduanya tidak jauh berbeda karena akan menghasilkan file baru dengan ukuran lebih kecil dibandingkan aslimya.

Saat ini ada dua aplikasi pdf kompressor yang sering saya gunakan yaitu orpalis pdf reducer dan free pdf compressor. Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing tetapi secara keseluruhan hasilnya tidak jauh berbeda.

Sedangkan jika ingin memilih cara online, ada banyak situs yang bisa kamu pilih dan untuk lengkapnya bisa baca : daftar situs untuk memperkecil pdf online.

Inilah Dua Cara Memperkecil Ukuran File PDF

Mungkin kamu pernah mengalami gagal saat mengirim file pdf melalui email karena ukurannya terlalu besar, misalnya diatas 25MB, nah untuk mengatasinya kamu bisa kompres dulu sebelum dikirim ulang dan berikut adalah caranya :

1 - Kompres File PDF Offline
Yang pertama adalah kita lakukan menggunakan bantuan software tambahan, dan pada contoh kali ini saya gunakan Free PDF Compressor, dan berikut langkah-langkahnya:
  1. Unduh lalu install software PDF Compressor dari sini.
  2. Kemudian jalankan.
  3. Setelah terbuka, pilih tombol Browse lalu cari dokumen pdf yang ingin diperkecil ukurannya dari pc kamu.
  4. Terakhir pilih tombol Compress dan tunggu sampai selesai.
    Dua Cara Mempekecil Ukuran File PDF
Sebagai contoh saya gunakan sebuah file dengan ukuran asli sekitar 4MB kemudian setelah dikompres hasilnya menjadi 800KB. Cukup banyak bukan berkurangnya?

Alternatif lain bagi yang ingin kompres banyak file sekaligus maka bisa menggunakan orpalis PDF reducer.

2 - Cara Memperkecil Ukuran PDF Online
Seperti saya sebutkan diatas, ada banyak situs online untuk kompres ukuran file pdf namun pada kesempatan kali ini saya akan berikan contoh menggunakan situs ilovepdf.com dan berikut langkahnya.

  1. Buka halaman http://www.ilovepdf.com/compress_pdf
  2. Kemudian upload file pdf kamu dengan cara pilih tombol Select PDF file atau dengan drag and drop dari windows explorer.Cara Memperkecil Ukuran PDF Online
  3. Setelah selesai diupload pilih tombol Compress PDF.
  4. Jika sudah selesai dikompress kita bisa langsung download hasilnya dan simpan ke PC.
Dari percobaan menggunakan file sama dengan cara pertama, ternyata aslinya 4MB setelah dikompres menjadi 1.4MB.

Karena penasaran akhirnya saya coba kembali upload file yang sama tetapi kali ini saya pilih level kompresi yang berbeda yaitu Extreme Compression, dan hasilnya tidak berbeda jauh dengan percobaan pertama.

Dengan Extreme Compression ternyata hanya bisa mengurangi size file menjadi 1MB dari 4MB.

Jika dilihat memang cara pertama atau offline masih lebih bagus karena bisa menghasilkan file dengan ukuran lebih kecil. Baca juga : daftar situs untuk memperkecil ukuran file PDF online.

Catatan : hasil kompres bisa saja berbeda karena tergantung dari file yang diproses, pada contoh ini saya menggunakan sebuah ebook pdf yang didalamnya banyak terdapat gambar, jadi wajar saja jika hasil kompresnya tidak terlalu signifikan.

Demikianlah dua cara memperkecil ukuran file pdf secara online dan offline, selamat mencoba.