October 06, 2016

Cara Menggabungkan File PDF Menjadi Satu di Android dan PC

Ingin tahu bagaimana cara menggabungkan file pdf yang terpisah menjadi satu di HP Android maupun komputer? Jika ya maka silahkan kamu baca tulisan ini sampai tuntas karena saya akan tunjukan bagaimana caranya.

Sepanjang yang saya tahu sebetulnya ada dua cara untuk menyatukan file pdf yaitu secara online dan offline, baik di HP Android atau PC. Bedanya untuk Android jika ingin melakukan secara offline maka kita butuh software tambahan seperti Xodo PDF Reader sedangkan jika di PC kita bisa pakai aplikasi gratis seperti PDFBinder.

Semoga panduan yang akan saya berikan berikut ini bisa bermanfaat bagi kamu yang mempunyai banyak file pdf kemudian ingin dijadikan satu file contohnya pdf hasil scan yang biasanya terpisah per halaman

Cara Menggabungkan File PDF di HP Android – Offline

Untuk Android, yang pertama kita akan lakukan adalah secara offline yaitu dengan software Xodo PDF reader and editor, aplikasi ini bisa kamu unduh langsung dari Google Play Store, dan berikut langkahnya.
  1. Tempatkan semua file yang akan digabung dalam satu folder sama, misalnya kita simpan di folder Documen. Tujuannya agar lebih mudah dan tidak ada file yang terlewat.
  2. Jalankan aplikasi Xodo PDF reader, kemudian pilih All Documents agar semua file dalam format pdf akan muncul di aplikasi tersebut.
    Cara Menggabungkan File PDF Menjadi Satu di HP Android – Offline
  3. Tap lalu tahan salah satu file yang akan digabung setelah terpilih lakukan hal yang sama (tap & tahan) pada semua file pdf yang akan kita satukan.
    Menggabungkan File PDF Menjadi Satu di Android
  4. Jika sudah dipilih semuanya, pilih menu yang ada dipojok kanan atas – lalu pilih Merge.
  5. Berikutnya silahakn kamu beri nama lalu Merge.
  6. Tentukan dimana kamu akan menyimpan hasilnya lalu Select.
    Merge
  7. Tunggu sampai proses penggabungan selesai.

Masih bingung? Tidak perlu bingung pada intinya kita tempatkan dulu semua file yang akan dijadikan satu dalam satu folder sama lalu jalankan aplikasi Xodo Docs PDF reader dan tap/pilih lalu tahan semua file tersebut setelah itu pilih menu di kanan atas – Merge, beri nama, selesai.

Menggabungkan PDF Terpisah Secara Offline di PC Dengan PDFBinder

Berikutnya adalah untuk pengguna PC, kali ini kita akan gunakan sebuah aplikasi sederhana dan cukup ringan yaitu PDF Binder
  1. Langkah pertama, download lalu install PDFBinder di komputer anda. Kemudian jalankan.
    Menggabungkan PDF Terpisah Secara Offline di PC Dengan PDFBinder
  2. Setelah aplikasi terbuka kemudian pilih Add file dan cari file pdf yang akan kita jadikan satu.
    Add file
  3. Jika semuanya sudah di add, terakhir pilih tombol Bind lalu beri nama dan Save. Selesai. 
    PDFBinder
Sangat sederhana dan cepat bukan prosesnya?
Info terkait : aplikasi untuk merge file pdf di PC.

Bagaimana Cara Menyatukan Lebih Dari Satu PDF Secara Online

Untuk cara online, ada banyak sekali pilihan situsnya jadi saya akan pilih salah satu saja karena pada dasarnya prosesnya hampir sama semua walaupun dilakukan di situs berbeda, dan berikut adalah langkah-langkahnya.
  1. Kunjungi situs https://foxyutils.com/mergepdf/
  2. Kemudian upload semua dokumen yang ingin kamu simpan menjadi satu file. Jika ingin mengubah urutannya kamu tinggal klik tombol panah atas atau bawah, sedangkan jika ingin hapus pilih tombol tong sampah.
  3. Setelah semuanya selesai diupload, pilih tombol Merge PDF.
    Bagaimana Cara Menyatukan Lebih Dari Satu PDF Secara Online
  4. Terakhir silahkan download hasilnya, selesai. 

Selain situs foxyutils sebetulnya masih ada banyak lagi layanan online serupa diantaranya smallpdf, ilovepdf dan masih banyak lagi untuk lebih lengkapnya silahkan baca juga : daftar situs untuk join pdf online.
Kesimpulan :
  1. Jika ingin menggabungkan pdf di Android entah itu hp atau tablet opsi pertama adalah menggunakan aplikasi Xodo Docs PDF Reader, opsi kedua adalah lakukan secara online.
  2. Untuk pengguna pc maka bisa mencoba aplikasi PDFBinder atau secara online seperti yang sudah dijelaskan diatas. 

Bisakah saya satukan file hasil scan?
Bisa, asalkan sudah dalam format pdf dan untuk caranya silahkan pilih salah satu cara diatas.

File scan masih dalam format JPG, Bagaimana menggabung jadi PDF?
Jika format file masih jpg maka kamu harus convert dulu jpg ke pdf baru lakukan penggabungan.

Itulah beberapa cara untuk menggabungkan file pdf menjadi satu di Android maupun PC, selamat mencoba. Info lainnya : cara memperkecil ukuran pdf online.